BeritaEkonomiNasionalPertanianUMKMUmum

Pemerintah Diminta Permudah KUR Untuk Petani Kecil

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan berbagai program pemerintah untuk mendukung usaha kecil. Airlangga menyebut Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang berkontribusi terhadap ketahanan pangan.

Namun, Pakar pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) University Dwi Andreas Santosa mengungkapkan selama ini KUR tidak menyentuh petani kecil. Meski diakui KUR bermanfaat bagi pengembangan dan kebangkitan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Menurut saya KUR ini tidak tepat sasaran. Ya memang bermanfaat, jelas, misalnya untuk UMKM,” ujar pria yang juga menjadi ekonom senior CORE Indonesia, Kamis (06/10/2022).

Andreas menyebut adanya kajian Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI) yang menemukan besaran serapan KUR oleh petani kecil. Menurutnya, KUR lebih banyak diserap oleh pelaku usaha kelas menengah dibanding petani kecil.

“Dari hasil kajian tersebut, petani kecil yang menyerap KUR kurang dari 1 persen. Berarti KUR diserap siapa? Ya, middle-man,” pungkasnya.

Dirinya pun menyarankan agar pemerintah membuat mekanisme baru yang lebih ramah bagi petani kecil.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close