BeritaBolaInternasional

Witan Sulaeman Ungkap Alasan Utama Pemain Indonesia Susah Merintis Karier ke Luar Negeri

BIMATA.ID, Jakarta- WITANSulaeman ungkap alasan utama pemain Indonesia susah merintis karier ke luar negeri. Bintang Timnas Indonesia itu telah menghabiskan waktu selama beberapa tahun terakhir untuk membela klub-klub Eropa, utamanya Slovakia.

Witan Sulaeman pada saat ini membela AS Trencin, klub Slovakia ketiga yang dibela olehnya setelah Radnik dan FK Senica. Sebelumnya, penyerang sayap 20 tahun ini juga pernah membela Lechia Gdansk asal Polandia.

Pemain kelahiran Palu, 8 Oktober 2001 ini hanya salah satu dari segelintir pemain Timnas Indonesia yang berkarier di luar negeri pada saat ini. Beberapa pemain lain yang berkarier di luar Indonesia di antaranya adalah Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), dan Egy Maulana Vikri (FC ViOn Zlate Moravce).

Ketika diwawancarai oleh media Slovakia, Tvnoviny, Witan Sulaeman mengungkap alasan di balik minimnya pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri. Menurutnya, banyak yang tidak tahu caranya untuk memulai.

Menurut Witan Sulaeman banyak pemain Indonesia yang memiliki kualitas cukup untuk berkarier di luar negeri sebenarnya. Namun demikian, sayangnya banyak di antara mereka yang tidak tahu bagaimana caranya untuk memulai.

“Para pemain berlabel Timnas, terutama yang ahli dalam urusan mencetak gol dan memiliki bakat alami, sangat mungkin bermain di luar Indonesia, setidaknya Asia,” tutur Witan dalam wawancara ekslusifnya dengan Tvnoviny.

“Namun, hal tersebut sulit terlaksana lantaran mereka tidak mengejarnya sejak awal. Padahal mereka memiliki peluang yang besar,” tambah bintang yang bersinar di Piala AFF 2020 tersebut.

Witan Sulaeman sendiri telah membuktikan kapabilitasnya semenjak gabung terbarunya di Slovakia, AS Trencin. Sejak gabung pada bursa transfer musim panas lalu, pemain berusia 20 tahun ini telah sukses menjaringkan dua gol dalam tujuh penampilan di semua ajang.

Witan Sulaeman telah dimainkan dalam enam dari 10 pertandingan yang dilakoni oleh AS Trencin di Liga Slovakia 2022-2023. Namun sayang, dia belum mampu berkontribusi melalui gol di liga domestik. Kedua golnya tersebut dicatatkan ketika tampil menghadapi Slovan Hlohovec di Piala Slovakia 2022-2023.

AS Trencin pada saat ini bercokol di peringkat kesembilan klasemen sementara Liga Slovakia 2022-2023 usai mengumpulkan 11 poin dari 10 pertandingan. Nanti malam WIB, Rabu (14/9/2022), Witan Sulaeman berpotensi dimainkan dalam pertandingan Piala Slovakia 2022-2023 kontra Belusa.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close