Berita

Tiga Nama PJ Gubernur Jakarta Segera di Verifikasi Kemendagri

BIMATA.ID, Jakarta – Staf Khusus Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bidang Politik dan Media,  Kastorius Sinaga menyatakan, telah menerima tiga nama calon penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Nama-nama tersebut akan segera diverifikasi.

“Semua (nama Pj Gubernur DKI)nya diverifikasi dahulu persyaratan formilnya administrasinya,” katanya, Rabu (14/09/2022). 

Pihaknya menjelaskan salah satu aspek yang akan diverifikasi ialah rekam jejak dari masing-masing calon Pj Gubernur DKI Jakarta. Sehingga dipastikan setiap nama yang nantinya akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memenuhi kualifikasi.

“Sehingga proses (verifikasi) kita anggap sesuatu yang memang memenuhi keinginan masyarakat bahwa ini demokratis dan akuntabel,” ucapnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan menyerahkan sebanyak enam nama calon Pj Gubernur DKI ke Presiden Jokowi. Nama tersebut berasal dari Kemendagri sebanyak tiga orang dan tiga lainnya dari DPRD DKI.

Selain itu, Presiden Jokowi, kata Kastorius tidak sendiri menentukan sosok yang akan menggantikan Anies Baswedan. Melainkan ada sejumlah pihak yang akan dilibatkan.

“Presiden (Jokowi) memimpin langsung pembahasan bersama lembaga atau kementerian terkait untuk diputuskan karena kewenangannya ada di Presiden,” jelasnya.(oz) 

Tulisan terkait

Bimata
Close