BeritaNasionalOpiniPolitik

Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Pranowo Lampaui Angka 30 Persen

BIMATA.ID, Jakarta – Elektabilitas Gubernur Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, paling tinggi dalam jajak pendapat lembaga survei Charta Politika. Tingkat keterpilihan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu sudah lebih dari 30 persen.

“Kita coba kerucutkan lagi ke 10 nama, Mas Ganjar sudah melampaui angka 30 persen, ada di angka 31,3 persen,” tutur Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, melalui diskusi virtual, Kamis (22/09/2022).

Perolehan elektabilitas tertinggi kedua adalah Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto. Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia (RI) tersebut mendapat dukungan 24,4 persen dari responden.

Dukungan terbesar ketiga diberikan responden kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan. Elektabilitas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI itu pada survei kali ini sebesar 20,6 persen.

“Anies naik 1 persen, menjadi 20,6 persen,” pungkasnya.

Posisi keempat ditempati Gubernur Provinsi Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil. Elektabilitas mantan Wali Kota Bandung tersebut sebesar 7,2 persen.

“Ridwan Kamil ternyata belum menembus angka dua digit, walaupun mengalami kenaikan cukup tinggi,” ucap Yunarto.

Berikut daftar elektabilitas tokoh potensial calon presiden (Capres) 2024 berdasarkan survei Charta Politika:

  1. Ganjar Pranowo: 31,3 persen,
  2. Prabowo Subianto: 24,4 persen,
  3. Anies Baswedan: 20,6 persen,
  4. Ridwan Kamil: 7,4 persen,
  5. Sandiaga Salahuddin Uno: 2,5 persen,
  6. Puan Maharani: 2,4 persen,
  7. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY): 2,2 persen,
  8. Airlangga Hartarto: 1,7 persen,
  9. Erick Thohir: 1,6 persen, dan
  10. Khofifah Indar Parawansa: 1,1 persen.

Survei itu dilakukan pada tanggal 6 hingga 13 September 2022. Jumlah responden yang dipilih dengan metode acak bertingkat (multistage random sampling), yakni 1.220 orang. Tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen, sedangkan margin of error sekitar 2,82 persen.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close