BeritaNasionalRegionalTravelUmum

Rencana Pemerintah Bangun Kereta Gantung di IKN

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa pemerintah berencana untuk membangun kereta gantung (ropeway/cable car) di Ibu Kota baru Negara (IKN) Nusantara.

“Kita akan kembangkan kereta gantung sebagai salah satu transportasi ramah lingkungan untuk melayani mobilitas dan pariwisata di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan di IKN,” ujar Budi, Jumat (02/09/2022).

Nantinya, transportasi kereta gantung di IKN akan difungsikan sebagai layanan transportasi yang menghubungkan antara zona bisnis dengan komersial yang dalam hal ini adalah zona perumahan di IKN.

Tak hanya di IKN, transportasi kereta gantung ini juga diharapkan dapat diadakan di sejumlah daerah di Indonesia, khususnya untuk daerah yang berbukit atau sulit untuk dijangkau selain juga dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata.

Untuk mengimplementasikan rencana tersebut, dia bersama dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suarso Monoarfa, melakukan kunjungan kerja ke kantor Doppelmayr Garaventa Group di Wolfurt, Austria, pada Kamis (01/09/2022).

Dalam kunjungannya, Budi mengatakan bahwa pihaknya mendapat wawasan berharga terkait teknologi kereta gantung yang telah dikembangkan oleh Doppelmayr sebagai produsen.

Pada kesempatan itu, Menhub juga mengundang pihak Doppelmayr serta sejumlah perusahaan di Austria untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan sistem transportasi perkeretaapian di Indonesia, khususnya kereta gantung.

Partisipasi itu, kata dia, termasuk melakukan kerja sama pengembangan SDM dalam teknologi kereta gantung, dengan melaksanakan program pertukaran SDM, maupun program-program lainnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close