BeritaBola

Profil Ismed Sofyan, Pesepakbola Legenda yang Pilih Tinggalkan Persija Jakarta di Ujung Karier

BIMATA.ID, Jakarta- Sebagaimana diketahui, pemain veteran berumur 43 tahun itu baru saja mengumumkan perpisahannya dengan Persija Jakarta.

Macan Kemayoran merupakan klub yang telah dibela Ismed Sofyan sejak 2002 silam. Menarik untuk membahas profil Ismed Sofyan hingga ada di titik saat ini.

Ismed Sofyan lahir di Manyak Payed, Aceh Tamiang, 28 Agustus 1979. Menurut Transfermarkt, Ismed Sofyan mengawali kariernya dengan menimbah ilmu sepakbola di SKO Ragunan, Jakarta, pada 1996.

Setahun berselang, Ismed Sofyan bermain untuk PSBL Langsa. Lalu, dia memperkuat klub tanah kelahirannya, yaitu Persiraja Banda Aceh, pada 1999 hingga 2001.

Pada 2001, Ismed Sofyan memutuskan untuk membela Persijatim Jakarta Timur hingga 2002. Sejak 2003 hingga 2022, Persija pun menjadi rumah bagi Ismed Sofyan.

Selama berkarier di Persija, nama Ismed Sofyan mulai mencuat ke permukaan. Sebagai bek kanan, Ismed Sofyan tidak hanya jago bertahan, tetapi juga lihai membantu serangan.

Ismed Sofyan diketahui memiliki umpan lambung terukur yang kerap memanjakan para penyerang Persija, seperti Bambang Pamungkas. Selain itu, Ismed Sofyan pun punya tendangan bebas berbahaya.

Oleh sebab itu, Ismed Sofyan pun menjadi langganan membela Timnas Indonesia, baik kelompok umur maupun senior. Setelah tidak lagi mendapatkan panggilan Timnas Indonesia, Ismed Sofyan fokus pada Persija.

Selama berkarier di Persija, Ismed Sofyan telah meraih tiga trofi, yaitu Piala Presiden 2018, Liga 1 2018, dan Piala Menpora 2021. Kini, Ismed Sofyan dan Persija telah berpisah.

Meski begitu, pesepakbola berumur 43 tahun itu belum gantung sepatu. Hingga kini, Ismed Sofyan belum menemukan klub sebagai pelabuhan anyar di ujung karier sepakbolanya.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close