BeritaBuah HatiKesehatanPolitikRegionalUmum

Politisi Perindo Apresiasi Kinerja Pemerintah Dalam Atasi Stunting

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Kesehatan dan Narkoba DPP Pemuda Perindo, Alex A. Saputra mengapresiasi kinerja Pemerintah Pusat dan Daerah terkait daruratnya stunting di Jakarta dan daerah lainnya.

Ia menuturkan, Pemerintah memalui Kementerian dan Dinas terkait secara aktif memberikan edukasi tentang bagaimana mencegah stunting.

“Tapi tidak bisa kita pungkiri Pemerintah selalu memfasilitasi dalam arti mereka sosialisasi dari Kemenkes, yang tidak kalah penting mengedukasi para ibu hamil utamanya, karena ibu hamil ini harus tahu peran penting ASI (air susu ibu),” ucapnya.

Ia menyebutkan, peranan ASI sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak, terutama dalam masa 1000 hari pertama kelahiran anak.

“Kalau tidak diberi ASI otomatis pertumbuhan anak bayi ini kurang, bisa dikatakan tingginya kurang,”jelasnya.

Namun, ia mengaku turut prihatin dengan tingginya anak yang menderita gizi buruk dan Stunting di wilayah DKI Jakarta. Menurut data BPS pada tahun 2020, jumlah anak yang mengalami kekurangan gizi dan stunting itu sebanyak 6047 anak.

Terkait tingginya penderita kurang gizi dan stunting, Alex menyebutkan salah satu penyebabnya adalah Pandemi Covid-19 yang melanda di Indonesia khususnya di DKI Jakarta. Diketahui, semenjak pandemi banyak orang tua yang kehilangan mata pencahariannya karena efek Covid-19 sangat luas.

Dengan kehilangan mata pencaharian, Alex menyebutkan para orang tua semakin kesulitan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak mereka, terutama yang berada di dalam masa tumbuh kembangnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close