BeritaNasionalPendidikanUmum

Pemerintah Diminta Perbanyak Beasiswa Masuk Perguruan Tinggi Negeri

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah diminta memperbanyak kuota beasiswa masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Hal itu disampaikan menyusuk rendahnya jumlah tamatan SMA atau sederajat yang mampu meneruskan studi ke perguruan tinggi.

“Harapan saya sekarang kepada Pak Sekjen Kementerian pendidikan tinggi, saya berharap alokasi beasiswa siswa perguruan tinggi lebih besar,” ujar Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) di sela acara Dies Natalis Universitas Terbuka (UT) ke-38 di Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu (04/09/2022).

Menurut dia, PTN seperti UT telah banyak membantu menampung mahasiswa dengan beragam status sosial dari seluruh pelosok Indonesia. Jika kuota beasiswa ditambah, maka tentu saja langkah itu bisa memberi peluang bagi lulusan SMA.

“Sehingga tidak ada lagi lulusan SMA tidak mampu meneruskan pendidikannya ke perguruan tinggi,” ujarnya.

Rektor UT Ojat Darojat memaparkan, tiga alasan mengapa lulusan SMA tak melanjutkan studi ke perguruan tinggi, yakni alasan ekonomi karena tak mampu secara finansial, lalu faktor geografis yang tinggal di daerah terpencil, dan faktor akademis di mana lulusan tersebut tak lolos ujian masuk PTN.

“Nah UT jawabannya dari masalah itu, biayanya murah, bisa menjangkau sampai ke pelosok tanah air yang pedalaman sekalipun, juga termasuk UT tidak mengenal ujian seleksi. Hanya seleksi administrasi, ijazah SLTA,”pungkasnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close