BeritaEkonomiEnergiNasionalPertanianUmum

Pemerintah Diminta Pastikan BBM Bersubsidi Hanya untuk Rakyat Miskin

BIMATA.ID, Jakarta- Praktisi Bisnis Erlan Primansyah mendorong pemerintah menjamin bantuan berupa subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) tepat sasaran.

Terutama, kata Erlan, bantuan itu menyasar bagi rakyat miskin dan pengusaha yang ada di daerah. Termasuk, menyasar kepada para petani dan kelompok ekonomi sulit.

Hal itu yang disampaikannya dalam diskusi ‘Pengalihan Subsidi BBM dan Energi Pada Sektor Produktif: Langkah Indonesia Kuat Menghadapi Krisis Energi, Pangan, dan Kesehatan Global’ di Jakarta, Kamis (01/09/2022).

“Subsidi ini dialihkan ke sektor produksi dan terutama sektor petani juga untuk masyarakat yang memang tidak mampu secara ekonomi, itu sangat penting diberikan subsidi,” kata Erlan.

Erlan juga menyebut, bagi para pengusaha untuk BBM jenis Pertalite tidak begitu berdampak.

Pasalnya, banyak pengusaha yang masih menggunakan BBM jenis Solar untuk distribusi barang. Dimana, menggunakan kendaraan truk di jalur darat.

Apalagi, kata Erlan, para petani sangat membutuhkan jenis bahan bakar solar untuk distribusi hasil panen mereka.

“Distribusikan hasil pertanian, mereka yang operasikan tenaga panen itu yang dibutuhkan dan disubsidi. Kalau Pertalite memang dipakai petani paling untuk motor atau mobil, tapi kalau kita bicara solar petani sangat membutuhkan,”pungkasnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close