Berita

Papdesi Meminta Kemendagri Dapat Meningkatkan Kapasitas Perangkat Desa

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Wargiyati berharap Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dapat melakukan peningkatan kapasitas perangkat desa dan bisa mengawasi oknum-oknum yang kerap merugikan perangkat desa dan pihak lainnya.

“Yang mau saya garis bawahi adalah tentang adanya pelaksanaan kapasitas perangkat desa, agar tidak ada kegiatan bimtek yang liar dan tidak sesuai dengan program pemerintah. Saya harap kalau memang itu harus dilaksanakan oleh aparatur atau pemerintah desa, kami dari DPP Papdesi mohon ada kerja sama dengan Kemendagri agar ketika implementasi ke daerah. Kita relatif mudah untuk saling koordinasi,” katanya, Jumat (23/09/2022).

Pihaknya juga meminta Kemendagri turut mengkaji ulang sejumlah kebijakan yang memberatkan para perangkat desa. Mulai dari masa jabatan para perangkat desa yang dianggap tidak sesuai, hingga dorongan untuk menghilangkan periodisasi masa jabatan perangkat desa.

“Terkait perpanjangan masa jabatan, dikembalikannya hak rekognisi, dan tanpa periodisasi. Terus, kepala desa kalau mencalonkan diri sebagai caleg atau pejabat lainnya cukup cuti,” ucapnya.

Dia berharap aspirasi Papdesi bisa segara dibahas dan ditanggapi oleh Kemendagri. Dia menerangkan Papdesi memberi waktu setidaknya tiga bulan bagi otoritas Kemendagri untuk memberikan tanggapan atas aspirasinya.

“Kami berterima kasih kepada Pak Dirjen karena kami bisa menyampaikan aspirasi kami. Mudah-mudahan apa yang kita sampaikan tadi segara diakomodir, minimal ada tindak lanjut bisa duduk bersama antara Kemendagri, Kemendes, dan Kementerian Keuangan, untuk menindaklanjuti. Kita berharap untuk diajak berdiskusi agar bisa melakukan sinkronisasi,” jelasnya.(zo) 

Tulisan terkait

Bimata
Close