Berita

Mengenang Hari Kelahiran Rachmawati Soekarnoputri

BIMATA.ID, JAKARTA – Diah Pramana Rachmawati Soekarnoputri yang merupakan anak ke tiga dari pasanggan Soekarno dan Fatmawati lahir pada 27 September 1950. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai politisi dan aktivis.

Semasa kecil, Rachmawati lebih dekat dengan Soekarno. Hal ini disebabkan karena Fatmawati telah meninggalkan istana sebagai protes atas pernikahan presiden. Saat itu, Rachmawati masih berusia tiga tahun pada 1953. Sejak itu ia lebih dekat dengan ayahnya. Ia diasuh oleh ibu angkatnya, Ibu Hadi, wanita asal Solo, Jawa Tengah.

Sebab, ia ingin sekali mengabadikan nama Soekarno, presiden pertama RI. Terlebih dalam merealisasikan cita-cita Soekarno untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur.

Ditinjau dari kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id, ia memulai pendidikannya di SD Perguruan Cikini, SMP Perguruan Cikini, dan SMA Santa Ursula Jakarta. Semasa kecil, Rachmawati belajar menari Jawa, Sunda, dan Sumatera. Ia juga menekuni olahraga anggar, renang, dan bulu tangkis.

Setelah lulus SMA bercita-cita ingin menjadi dokter, namun ia lebih memilih dan tercatat masuk dalam Fakultas Hukum Universitas Indonesia, namun tidak selesai.

Alhasil ia melanjutkan kembali pendidikan hukumnya di Universitas Bung Karno pada 2002 dan lulus meraih gelar Sarjana pada 2017. Kemudian melanjutkan untuk meraih gelar Magister Hukum di kampus yang sama pada tiga tahun kemudian.

Awal mula perjalanan karirr politiknya bermula ketika mendirikan Partai Pelopor pada tahun 2002. Hal ini merupakan dari perbedaan pandangan politik yang berbeda dengan Megawati setelah rezim Orde Baru runtuh.

Lalu ketika masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau dikenal dengan SBY, ia diamanati untuk menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia pada periode tahun 2007-2009.

Dalam perjalanan karirrnya, dirinya diamanati menjadi politisi Partai Gerakan Indonesia Raya  (Gerindra) sejak 8 April 2015, khususnya ia menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Sebelum akhir hayatnya, ia dikukuhkan oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto untuk menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina pada 7 September 2020.

Rachmawati Soekarnoputri meninggal pada 3 Juli 2021. Adik Megawati ini wafat pukul 06.45, setelah dirawat di RSPAD. Semasa hidupnya, ibu tiga anak ini berkegiatan, seperti mengurusi organisasi Gerakan Pemuda Marhaenis (GPM), Yayasan Bung Karno, dan Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS), serta pendiri Universitas Bung Karno (UBK) pada 1981.

(ZM)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close