BeritaHukumNasionalUmum

Mahfud MD Akui ada Kebocoran Data Pejabat Negara

BIMATA.ID, Jakarta- Publik kini digemparkan dengan kemunculan hacker Bjorka, yang mengklaim telah meretas dan membocorkan data – data pada lingkup pemerintahan.

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopohukam) Mahfud MD pun mengakui adanya kebocoran data pejabat negara.

Namun, kebocoran data yang dilakukan oleh Bjorka bukanlah data yang serius. Menurut dia, data yang dibocorkan oleh Bjorka adalah data umum yang bisa diambil di beberapa sumber data.

“Sebenarnya bukan data yang sebetulnya rahasia yang bisa diambil dari mana-mana cuma kebetulan sama,” jelasMahfud, Senin (12/09/2022).

Mahfud mengatakan, pemerintah sedang menelusuri penyebab hacker itu bisa mengambil data pribadi para pejabat.

Begitu juga dengan informasi terkait dengan kasus Munir, Mahfud mengatakan, apa yang diungkap oleh Bjorka adalah data yang sudah muncul sebelumnya di media masa.

Karena kesamaan data tersebut, Mahfud menilai data yang diambil oleh Bjorka bisa jadi berasal dari sumber terbuka.

“Itu sudah ada di koran tiap hari, ini jadi presiden itu, jadi menteri kan cuma itu-itu aja. Nggak ada yang rahasia negara kalau saya baca, sehingga itu bisa saja kebetulan sama dan kebetulan bukan rahasia juga, cuma dokumen biasa tetapi itu memang terjadi,” pungkas Mahfud

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close