BeritaHeadlinePendidikanPolitikRegional

Mahasiswa Unram Gelar Aksi Tolak Kedatangan Hasto Kristiyanto

BIMATA.ID, NTB – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Universitas Mataram, menolak kedatangan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto ke kampus mereka.

Mereka tak terima lantaran beredar surat undangan yang ditandatangani oleh Rektor Universitas Mataram (Unram), Prof Bambang Hari Kusumo, mengundang Hasto untuk mengisi kuliah umum.

Koordinator lapangan (Korlap), Adrian Islah Perdana mengatakan, puluhan mahasiswa mengungkapkan alasan menolak kehadiran Hasto. Pasalnya, kampus Unram sempat menolak kedatangan Rocky Gerung untuk mengisi seminar nasional pada besok Jumat, 16 September 2022.

“Kami sempat ingin undang Rocky Gerung, tapi jelas ditolak oleh Rektor Unram. Ini memantik api kemarahan mahasiswa, itu dikobarkan lagi,” katanya, Kamis (15/09/2022).

Terpisah, koordinator umum aksi penolakan kedatangan Hasto, Muh Isnaini mengemukakan, bahwa Rektor Unram telah mencederai mimbar akademik.

“Kita hanya ingin pastikan, mimbar akademik di Unram itu bersih dari urusan intrik parpol (partai politik),” ujarnya.

Sebab, di beberapa kampus lain di luar Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah banyak mengundang pembicara hebat dan bebas dari segala intrik parpol.

“Kalau kita komitmen majukan kampus kita. Maka, kita berani tegas menolak segala macam bentuk intrik politik di kampus kita,” tutup Isnaini.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close