Berita

Enam Orang Tewas Tertimbun Longsor Tambang Emas Kotabaru

BIMATA.ID, Buluh Kuning – Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menyatakan, enam orang tertimbun dalam peristiwa longsor terjadi pada galian tambang emas di Desa Buluh Kuning, Kabupaten Kotabaru, Kecamatan Sei Durian, Provinsi Kalimantan Selatan

“Tim gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru, Badan SAR, TNI/Polri, dan relawan masih melakukan pendataan korban maupun kerugian yang mungkin timbul. Pencarian korban yang hilang juga masih berlangsung,” katanya, Jumat (30/09/2022).

Pihaknya pun mengatakan bahwa pada hari ini Jumat (30/9), alat berat rencananya akan diturunkan dan mulai dioperasikan untuk mempercepat proses evakuasi.

Demi mencegah terjadinya bencana susulan, BNPB mengimbau kepada masyarakat dan para pemangku kebijakan di daerah tersebut untuk bersinergi dalam mengupayakan mitigasi serta peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana.

“Masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan bantaran sungai agar lebih meningkatkan kewaspadaan. Apabila terjadi hujan dalam durasi lebih dari satu jam, maka masyarakat yang tinggal di bantaran sungai atau di lereng gunung maupun tebing agar mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk sementara waktu,” pungkasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close