EkonomiBeritaNasionalPeristiwaUmum

Ekonomi Global Sulit Dikendalikan, Pemerintah Jaga Sektor Domestik Dalam Negeri

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengakui kondisi ekonomi global saat ini sulit untuk dikendalikan. Maka, pemerintah fokus menjaga kondisi sektor domestik.

“Saat ini dampak dari kondisi global sulit kita kendalikan namun yang diupayakan adalah menjaga harga domestik yang supply chain benar-benar dapat dikendalikan yaitu utamanya adalah komoditas pangan,” kata dia dalam Inspirato Sharing Session, Kamis (22/08/2022).

Melihat kondisi ini, Pemerintah akan terus memonitor harga komoditas pangan dalam negeri. Tujuannya agar dapat segera melakukan antisipasi saat terjadi lonjakan harga.

Menurutnya, pasca kenaikan harga BBM sejumlah komoditi pangan seperti cabai dan bawang merah mengalami kenaikan harga. Namun demikian saat ini pergerakan masih cenderung menurun dan stabil.

“Komoditas lain adalah tentu yang harus dijaga adalah terkait dengan beras,” ujarnya.

Airlangga menilai, dalam menghadapi perkembangan inflasi saat ini, pemerintah melalui TPIP-TPID akan terus perkuat koordinasi maupun sinergi program kebijakan untuk stabilisasi harga. Terutama pasca penyesuaian harga BBM guna mendukung pencapaian inflasi nasional agar tetap terkendali.

“Berbagai langkah atau extra effort dalam pengendalian inflasi terus didukung perluasan kerja sama antar daerah agar daerah surplus atau defisit saling kerja sama utnk menjaga keterseidaan suplai komoditas,”pungkasnya.

 

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close