Berita

BPBD Tangsel Mencatat Puluhan Titik Lokasi Rawan Bencana saat Musim Perubahan Cuaca

BIMATA.ID, Tangerang – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Tangerang Selatan (Tangsel) Uci Sanusi mengatakan,ada 35 titik lokasi rawan bencana di wilayah tangsel, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan di titik-titik itu, terlebih ketika menghadapi perubahan cuaca seperti saat ini.

“Kita masih mengacu pada data sebelumnya, ada 35 titik rawan bencana di Tangsel, Kerawanan bencana di Tangsel umum memang disebabkan perubahan cuaca, seperti angin puting beliung, banjir, dan tanah longsor,” katanya, Kamis (22/09/2022).

Pihaknya juga menyatakan saat ini bencana banjir sebarannya semakin meluas ke hampir seluruh wilayah kecamatan di Tangsel. Titik terbanyak ada di wilayah kecamatan Pondok Aren.

“Sebarannya di perumahan Pondok Maharta, Pondok Kacang Prima, Vila Mutiara, komplek Payung Mas, Vila Dago Tol, dan beberapa wilayah lain,” ucapnya.

Saat ini BPBD Tangsel bersama seluruh personel yang dimiliki mengaku selalu siap siaga menolong masyarakat terdampak bencana. Selain personal resmi, kesiapsiagaan bencana juga dibantu tim relawan.

“Kita ada 16 wilayah kelurahan tangguh bencana, di lokasi kelurahan tersebut kita siapkan warganya tanggap dan bergerak cepat membantu warga terdampak bencana di sekitarnya,” jelasnya.

Untuk sarana prasarana kesiapsiagaan pihaknya terus menambah jumlah perahu karet yang digunakan personel lapangan dan relawan dalam mengevakuasi warga.

“Dari 12 perahu karet kita, 9 unit siap, sisanya tidak berfungsi seperti bocor dan lainnya. Tapi kita juga dibantu Satpol PP, Dinas PU, Dinas Lingkungan Hidup setiap kali melakukan upaya evakuasi,” tungkasnya.(oz)

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close