BeritaFilm

Film Ngeri-Ngeri Sedap Terpilih Jadi Wakil Indonesia Oscar 2023

BIMATA.ID, JAKARTA – Dunia perfilman mendapat kabar baik, film Ngeri-Ngeri Sedap diumumkan terpilih menjadi perwakilan Indonesia ke ajang Piala Oscar 2023 atau Academy Awards ke-95 dalam kategori Best International Feature Film.

Film Ngeri-Ngeri Sedap masuk dalam kategori Film Fitur Internasional (The International Feature Film Award).

Ngeri-Ngeri Sedap dipilih oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 untuk Academy Awards yang berlangsung pada 12 Maret 2023.

Komite ini beranggotakan sembilan tokoh perfilman yakni Deddy Mizwar sebagai ketua, Zairin Zain selaku sekretaris dan Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi sebagai anggotanya.

Berbagai persyaratan yang harus dipenuhi sebuah film untuk dapat mengikuti Piala Oscar, antara lain, film sudah pernah dipertunjukkan di bioskop selama seminggu secara berturut-turut, dan belasan lagi persyaratan teknis lainnya. ucap Dedy

Penentuan film pilihan yang akan mengikuti Oscar, Komite mempertunjukkan film-film hasil seleksi secara khusus di Studio XXI di Plaza Senayan, dimulai Senin 12 September pagi hingga petang, kemudian dilanjutkan dengan diskusi anggota juri.

“Inilah maksimal yang dihasilkan komite seleksi Oscars Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar,” kata Deddy.

Film ngeri-ngeri sedap disutradarai dan ditulis oleh Bene Dion Rajagukguk. Kisahnya berlatar belakang kehidupan keluarga suku Batak yang mengalami disrupsi dalam kehidupan modern.

Hingga saat ini, Ngeri-Ngeri Sedap telah mengumpulkan lebih dari 2,8 juta penonton dan jadi film ketiga terlaris tahun ini.

(ZM)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close