Regional

Pemerintah Pusat Coret Pembangunan Tol Mamminasata dari PSN

BIMATA.ID, Makassar – Pembangunan Tol Mamminasata (Makassar-Maros-Sungguminasa-Takalar) dicoret dari Proyek Strategis Nasional (PSN) oleh pemerintah pusat.

Kepala Bappeda Sulsel Andi Darmawan Bintang mengatakan, waktu penyelesaian Tol Mamminasata jadi pertimbangan pemerintah pusat mencoret proyek ini.

Pemerintah pusat berharap semua PSN bisa selesai pada tahun 2024 mendatang, sebelum masa jabatan Presiden Jokowi berakhir.

Hanya saja, Tol Mamminasata dinilai tak akan rampung dalam tenggat waktu tersebut.

“Tentu kami maklumi karena jalan Tol Mamminasata ini kalau tidak salah memang masih dalam tahap perencanaan dan tidak mungkin bisa selesai dalam dua tahun pengerjaan,” kata Darmawan.

Meski tahun ini dicoret dari PSN, namun Darmawan berharap agar Tol Mamminasata tetap jadi perhatian pemerintah pusat.

Menurutnya, jalan ini sangat dibutuhkan sebagai jalan penghubung antara kawasan Makassar, Maros, Sungguminasa (Gowa), dan Takalar.

“Jalan ini dianggap sebagai salah satu infrastruktur yang bisa menggenjot perekonomian nasional, dan memang membutuhkan biaya besar, serta memberikan pengaruh yang besar terhadap ekonomi sehingga didorong ke pemerintah pusat,” katanya.

Sebelumnya, proyek pembangunan jalan Tol Mamminasata masuk dalam daftar rencana pembangunan jalan tol yang disusun pemerintah pusat.

Anggaran investasinya mencapai Rp7,4 triliun dan akan melibatkan swasta.

[HW]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close