Berita

Tercatat Lima Kecamatan di Aceh Barat Daya Terendam Banjir 40 cm

BIMATA.ID, Aceh – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas Yunus, mengatakan,sejak Minggu (21/08) hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, akibatkan lima kecamatan di wilayah tersebut terendam banjir dengan ketinggian air yang menggenangi pemukiman warga mencapai 40 Centimeter (cm).

“Akibat cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Aceh Barat Daya di lima kecamatan sehingga mengakibatkan banjir merendam rumah masyarakat dengan ketinggian air sekitar 30 sampai dengan 40 sentimeter,” katanya, Senin (22/08/2022).

Pihaknya merici wilayah kelima kecamatan yang terendam, yakni Kecamatan Kuala Batee, Kecamatan Jeumpa, Kecamatan Setia, Kecamatan Tangan-tangan, dan Kecamatan Blangpidie.

“Dampak dari banjir itu mengakibatkan sebanyak 20 unit rumah terendam banjir di Desa Cot Mane, Kecamatan Jeumpa. Kemudian tanggul menjadi jebol, jalan longsor, dan jembatan rusak berat, serta terendamnya persawahan masyarakat,” ucapnya.

Saat ini telah menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi banjir. BPBD akan menurunkan satu unit alat berat untuk pembersihan tempat yang menghambat air.

“Tidak ada pengungsi dan korban jiwa dalam bencana ini. Namun, untuk korban terdampak masih dilakukan pendataan. Kondisi terakhir air sudah mulai surut,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close