Regional

Soppeng Raih Penghargaan KLA Tingkat Madiya

BIMATA.ID, SOPPENG – Asisten deputi bidang pemenuhan hak sipil, informasi & partisipasi anak Rr.Endah Sri Rejeki dari Kementerian PPPA Republik Indonesia menyerahkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) peringkat Madya kepada Kabid P2A Kabupaten Soppeng Hj Kartini, Kamis 4 Agustus 2022.kemarin.

Atas penghargaan KLA tersebut, Kepala DP3APPKB Kabupaten Soppeng Hj.A.Husniati menyebut bahwa sebelumnya telah diraih 3 kali penghargaan peringkat Pratama yakni pada tahun 2018, 2019 dan 2021.

“Kenaikan predikat dari Pratama ke Madya didongkrak dengan adanya UPTD PPA, Puspaga dan SRA yang semakin meningkat, “ sebut Hj.A.Husniati, Rabu 10/08/2022.

Kepala DP3APPKB ini mengharapkan kedepan mendapat dukungan dari semua anggota gugus tugas KLA baik dalam hal pembinaan, pengembangan kelembagaan dan regulasi serta kolaborasi OPD, dunia usaha, LSM, swasta dan masyarakat.

“Ada 5 klaster penilaian dan 26 indikator pemenuhan hak anak yang harus dipenuhi,” ungkapnya.

Sambungnya bahwa kenaikan predikat Pratama ke Madya didukung beberapa program dan keseriusan Pemerintah dalam mendukung terwujudnya KLA, seperti terbangunnya fasilitas umum bermain anak dan perlindungan atas hak anak.

“Kabupaten soppeng salah satu Kabupaten/Kota se-Indonesia yang meraih penghargaan kota layak anak peringkat Madya, “ imbuhnya.

Sementara, Bupati Soppeng HA.Kaswadi Razak menyampaikan bahwa kriteria Kabupaten/Kota yang mendapat penghargaan KLA tingkat Madya, harus memiliki komitmen dalam menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan anak.

“Kita harus bangga karena kita telah memiliki komitmen tersebut, saya meminta kepada OPD lingkup Pemkab Soppeng agar memperhatikan hak anak secara khusus, “ungkap Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak.

“Penghargaan kota layak anak merupakan hasil kerja keras seluruh pihak, maka menjadi PR DP3APPKB Soppeng agar tahun depan bisa naik menjadi KLA Nindya, “ungkit Bupati dua periode ini.

*****

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close