BeritaOtomotif

Perhatikan, Ini 4 Cara Merawat Pelek

BIMATA.ID, Jakarta- Pelek merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan, terutama sepeda motor. Sayangnya para pemotor sering abai merawat komponen yang memang mudah kotor dan berkarat ini.

Padahal pelek berkaitan erat dengan kenyamanan dan keamanan saat berkendara sepeda motor. Berikut adalah cara merawat pelek yang baik dan benar, seperti yang diuraikan oleh Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers:

1. Bersih

Biasakan membersihkan pelek secara menyeluruh, terutama ketika terkena air hujan atau saat melewati genangan air. Karena semakin bersih, pelek semakin terhindar dari karat yang dapat mempercepat kerusakan.

2. Tekanan udara ban
Tekanan udara ban berpengaruh pada fungsi dan juga keawetan pelek. Jika tekanan udara pada ban semakin kecil, maka semakin besar peluang kerusakan pelek akibat seringnya terkena benturan dengan batu atau lubang di jalan.

3. Ukuran ban
Banyak pecinta sepeda motor yang memodifikasi motornya termasuk bagian ban dan pelek. Namun tetap perhatikan juga kenyamanan saat berkendara di jalan. Contohnya tidak menggunakan ban yang melebihi diameter pelek karena dapat mempengaruhi manuver ban dan mengurangi keseimbangan roda. Pilihlah pelek yang asli keluaran pabrik serta yang bermerek atau berkualitas baik.

4. Hindari jalan rusak atau berlubang
Semakin sering berbenturan dengan logam, bukan hanya tekanan udara saja yang berkurang tapi juga dapat merusak keutuhan pelek dan ban luar.

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close