EkonomiBeritaEnergiHukumNasional

Pengamat Minta Pemerintah Hidupkan Lagi Gerakan Hemat BBM

BIMATA.ID, Jakarta- Pengamat energi yang juga Direktur Eksekutif Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria mengatakan, pemerintah sudah saatnya mengkampanyekan secara besar besaran Gerakan Hemat Emergi.

“Walau harga BBM sudah dinaikkan, namun sejatinya tetap ada subsidi yang besar dalam BBM dan ini tetap berpengaruh besar terhadap beban APBN dan keuangan negara, ini yang harus dipahami oleh masyarakat,” jelasnya.

Perilaku boros BBM, kata Sofyano, harus diperangi dengan berbagai cara dan harus mampu dijadikan momok dan musuh bersama sehingga ‘ditakuti’ oleh masyarakat sebagaimana kampanye yang di lakukan terhadap covid 19 dan terbukti berhasil.

“Karena itu Kampanye Gerakan Nasional Hemat BBM harus nya segera dilaksanakan oleh Pemerintah dan segenap jajarannya,” tegasnya.

Selain Gerakan Hemat BBM , Pemerintah perlu pula segera membuat dan menetapkan peraturan yang tegas dan jelas tentang pengendalian dan pengawasan yang ketat dan melekat atas BBM dan elpiji bersubsidi.

“Tanpa peraturan yang tegas, jelas dan dengan sanksi yang berat, maka para pemain BBM, elpiji bersubsidi pasti akan tetap menjarah barang bersubsidi ini dengan segala cara,” katanya.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close