BeritaEkonomiPeristiwaPropertiRegionalUmum

Pemerintah Berikan 280 Warga Gorontalo Sertifikat Tanah Gratis

BIMATA.ID, Gorontalo- 280 warga di Desa Pilolalenga, Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo mendapatkan sertifikat tanah gratis. Sertifikat gratis tersebut merupakan Program Tanah Sertifikat Lengkap (PTSL) dari pemerintah.

Menurut laporan Badan Pertanahan Kabupaten Gorontalo, dari target yang sudah terukur yaitu 742 sertifikat, yang diserahkan baru sebanyak 280 sertifikat.

“Terima kasih atas kolaborasi instansi terkait dalam hal pengadaan sertifikat,” kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Sabtu (30/07/2022).

Terkait sertifikat tanah, Nelson mengaku selama kurang lebih tujuh tahun sejak dirinya menjadi Bupati Gorontalo, sudah 40.000 sertifikat yang diserahkan.

“Jadi, target saya ingin melahirkan 50.000 sertifikat tahun ini. Kalau ini dilakukan maka semua selesai bertepatan dengan masa jabatan saya dengan wakil bupati,” ucapnya.

Ia menegaskan sertifikat sangat penting karena bisa jadi agunan di lembaga keuangan atau bahkan menjadi modal usaha. Kemudian, sertifikat ini juga sebagai legitimasi hak atas tanah. Secara hukum sudah legalitas bahwa milik sendiri.

“Di saat pembagian warisan maka urusannya jelas dan dengan demikian hingga anak cucu kita juga jelas,” pungkasnya.

Menurutnya, sertifikat bisa menjadi modal masyarakat untuk membangun rumah dan sebagainya. Karena itu, sejak awal melalui program Presiden itu, Pemkab Gorontalo terus mendukung.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close