Berita

Pemerintah Anggarkan Dana Jumbo Subsidi BBM di 2023

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan, pemerintah berencana mengalirkan anggaran jumbo untuk subsidi dan kompensasi energi untuk melindungi masyarakat dari tekanan kenaikan harga pada 2023 mendatang.

Anggaran jumbo tersebut nantinya untuk belanja subsidi dan kompensasi energi tahun depan. Alokasi untuk tahun ini ditetapkan sebesar Rp 502,4 triliun untuk menjaga agar tekanan inflasi tidak meningkat dan melindungi daya beli masyarakat.

“Tahun depan (anggaran subsidi dan kompensasi energi) masih akan sangat besar yang nanti angka finalnya akan disampaikan oleh bapak Presiden,” jelasnya dalam konferensi pers terkait Sidang Kabinet Paripurna, Senin (08/08/2022).

Pemerintah mempertebal anggaran subsidi dan kompensasi energi tahun ini sebesar Rp 349,9 triliun menjadi Rp 502,4 triliun. Peningkatan pagu anggaran tersebut untuk merespons lonjakan harga minyak dunia yang diikuti dengan revisi asumsi harga minyak mentah (ICP) di dalam APBN 2022 dari asumsi awal US$ 63 per barel.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close