BeritaEkonomiNasionalUmum

Pemerintah Ajak Swasta ‘Patungan’ untuk Bangun IKN

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah mengajak swasta untuk ‘patungan’ untuk biaya sekitar Rp 500 triliun untuk membangun Ibu Kota Nusantara (IKN).

Patungan yang dimaksud adalah swasta diberi kesempatan untuk berinvestasi di mega proyek tersebut. Pasalnya nilai proyek yang ratusan triliun rupiah tersebut hanya 20% bisa ditutupi oleh duit negara.

“Kesempatan untuk berinvestasi di IKN terbuka bagi semua pihak, dari berbagai skala usaha, sepanjang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini juga sejalan dengan konsep pembangunan IKN sampai tahun 2045 yang akan mengoptimalkan pembiayaan yang bersumber dari non-APBN,” kata Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi, Tim Transisi IKN Sidik Pramono dalam keterangan tertulis, Rabu (24/08/2022).

Menurutnya, Pemerintah lintas-Kementerian/Lembaga sedang menyiapkan berbagai skema dan insentif untuk investasi di IKN. Rancangan peraturannya diharapkan dapat disahkan dalam waktu dekat ini.

“Otorita IKN mengapresiasi semua pihak, termasuk atas kesiapan Kadin Indonesia, untuk membantu pemerintah dalam menggaet investor, termasuk investor dari dalam negeri,” ujarnya.

Harapannya, kata Sidik, tahun 2024 investor dalam negeri dapat terlibat dalam pembangunan rumah sakit internasional, fasilitas pendidikan terpadu, kawasan perkantoran dan jasa, mixed use, komersial niaga, ataupun fasilitas hunian.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah negara disebut tertarik berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjelaskan beberapa alasan mengapa IKN begitu menarik bagi investor.

“Yang pertama ini kan kawasan IKN yang betul-betul didesain ramah lingkungan dan high-technology, ini kawasan baru. Yang kedua tanahnya murah,” kata Bahlil di gedung Kementerian Investasi, Rabu (20/07/2022).

 

(ZBP)

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close