EkonomiBeritaNasional

Mendagri Minta Seluruh Wali Kota Fokus Kendalikan Inflasi

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta para wali kota fokus mengendalikan inflasi di daerahnya masing-masing.

Menurutnya, hal itu dapat dilakukan dengan menggerakkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan di daerah.

“Saya minta wali kota fokus mengendalikan inflasi. Pasalnya, inflasi hanya bisa ditangani melalui kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah,” ujar Tito sebagaimana dilansir dari siaran pers Kemendagri, Rabu (10/08/2022).

“Pemerintah pusat tidak bisa bekerja sendiri,” tegasnya.

Tito mengatakan, wali kota berperan penting dalam mengendalikan inflasi di daerah. Sebab, sebagian besar masyakat bermukim di wilayah perkotaan. Selain itu, jumlah kota di Indonesia juga terbilang banyak, dengan total 98 kota.

“Karena itu, wali kota merupakan salah satu power yang dimiliki Indonesia, termasuk dalam mengendalikan inflasi,” tegasnya.

Meski demikian, Tito mengingatkan, perlu kemauan politik dalam mengendalikan inflasi di daerah. Salah satunya dapat dilakukan dengan menugaskan TPID dan Satgas Pangan untuk memantau laju kenaikan harga setiap harinya.

“Utamanya dalam memonitor harga bahan pokok. Political will (kemauan politik) saja sudah bagus, sudah memerintahkan saja sudah bagus,” pungkas Tito.

“Kalau mau turun langsung ke teknis memberikan penjelasan dan memberikan arahan kepada Tim TPID dan Satgas Pangannya, jempol dua,” lanjutnya.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close