BeritaNasionalPolitik

KIB Sudah Dijadwalkan Bertemu Puan Maharani

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya (Golkar), Airlangga Hartarto mengatakan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sudah menjadwalkan pertemuan dengan Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani.

“Itu kan komunikasi cair antar pimpinan partai, itu bagus-bagus saja. Ada jadwal sih bertemu dengan Ibu Puan, nanti kita atur,” katanya di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (23/08/2022).

Puan sedang melakukan safari politik untuk bertemu dengan para ketua umum partai politik (parpol) yang direncanakan satu pekan sekali.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) itu sudah bertemu dengan Ketua Umum DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh, pada Senin, 22 Agustus 2022 kemarin.

“Koalisi kan sekarang sudah ada KIB, koalisinya masih inklusif siap melibatkan yang lain,” ujar Airlangga.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI ini mengemukakan, selain akan bertemu dengan Puan, Partai Golkar juga menjadwalkan pertemuan dengan parpol lain, yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sedangkan terkait nama yang diusung KIB sebagai calon presiden (Capres), Airlangga menyebut pendaftaran masih lama.

Pada 4 Juni 2022, tiga ketua umum parpol, yakni Airlangga Hartarto, Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, menandatangani nota kesepahaman pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Jakarta.

Alasan KIB dibangun karena demi menghentikan politik identitas, sehingga diharapkan masyarakat tidak terbelah serta untuk kepentingan rakyat bersatu.

Tiga pimpinan parpol tersebut menyepakati bahwa, koalisi masih terbuka untuk parpol lainnya yang ingin bergabung. Selain itu, mereka bersepakat jika koalisi belum akan membahas calon presiden (Capres) dan wakil presiden (Cawapres) yang akan diusung.

Sementara, safari politik Puan Maharani disebut akan membahas persoalan bangsa termasuk konsolidasi menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close