BeritaNasionalPolitik

KIB Daftar Bareng ke KPU Tanggal 10 Agustus

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya (Golkar), Airlangga Hartarto menyampaikan, tiga partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bakal melakukan pendaftaran secara bersama ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Selain itu, KIB yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) juga akan berkumpul dalam suatu kegiatan bersama di Surabaya, Jawa Timur (Jatim) pada Minggu, 14 Agustus 2022.

“Yang pertama KIB agendanya mendaftar bersama. Jadi, tanggal 10 kita akan melakukan pendaftaran partai politik secara bersama,” ucap Airlangga, saat menghadiri acara ulang tahun Forum Pemred di Hotel Raffles, Karet Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (05/08/2022).

Ia tidak berkomentar banyak mengenai calon yang bakal diusung KIB pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Kendati demikian, Airlangga berharap, agar melalui Forum Pemred media menghadirkan narasi yang positif terkait menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

“Dan tentu politik yang mempersatukan itu adalah hal yang sangat baik dan kita harus jaga, karena situasi hari ini adalah situasi yang tidak normal,” imbuhnya.

Airlangga menerangkan, masih banyak tantangan sehingga perlunya narasi optimisme kepada masyarakat.

“Jadi kalau ini kita dorong optimisme berjalan. Nah, momentum ini tidak keluar dua kali, terutama kita lihat negara lain juga tantangannya banyak, maka tentu kerja sama dengan para Pemred tidak pernah lebih penting dari hari ini,” terang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI ini.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP PAN, Yandri Susanto menyatakan, KIB semakin solid dengan mendaftar bersama ke KPU RI pada pekan depan. Ia menyebut, parpol yang tergabung dalam KIB akan mendaftar sebagai calon peserta Pemilu Serentak 2024 pada Rabu, 10 Agustus 2022, pukul 10.00 WIB.

Ia menyampaikan, masing-masing parpol sudah mempersiapkan surat pendaftaran dan dokuemen-dokumen pendaftaran melalui sistem informasi partai politik (Sipol). Lebih lanjut, Yandri juga memastikan, PAN bakal langsung dipimpin oleh Ketua Umumnya, Zulkifli Hasan (Zulhas) saat mendaftar ke KPU RI.

Zulhas, ungkap Yandri, akan didampingi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno dan Bendahara Umum (Bendum) DPP PAN, Totok Daryanto. Serta, Wakil Ketua Umum DPP PAN dan jajaran DPP PAN lainnya.

“Kemudian, ada hampir semua anggota DPR akan ikut mengantarkan Ketua Umum ke KPU untuk mendaftarkan PAN sebagai peserta Pemilu,” ungkapnya.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close