BeritaNasionalPeristiwaRegionalSains & Tek

Inilah Sosok Hacker Lokal yang Mendapat Apresiasi Dari BSSN

BIMATA.ID, Jakarta- Sulthanullah Haqqi Hidayat merupakan sosok peretas (hacker) yang mendapat apresiasi dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Ia diketahui juga seorang tenaga ahli sistem keamanan siber di Solok Selatan (Solsel).

Sulthan mampu meretas atau mencari celah keamanan sejumlah situs, terutama portal resmi pemerintah dan swasta maupun perbankan.

Namun, hal itu dilakukan tidak dengan tujuan jahat. Sebab dia hanya mencari celah keamanan dan selanjutnya dilaporkan kepada BSSN.

Sulthan saat ini bekerja sebagai tenaga ahli menjaga keamanan siber di Pemerintahan daerah Solsel sejak 2017.

“Saya sebetulnya sudah mulai mengutak-atik sistem keamanan aplikasi, website yang terkoneksi jaringan internet sudah sejak menjadi siswa di SMKN 1 Surantiah Kabupaten Pesisir Selatan,” katanya, Selasa (23/8/2022).

Dia mengaku, terakhir mendapatkan penghargaan dan apresiasi pada Mei 2022 dari BSSN.

Hal itu didapatkan, karena telah bekerja sama dalam koordinasi dan menemukan celah kerentanan suatu website yang bertindak secara etis dengan melaporkannya kepada BSSN.

“Jadi, sebetulnya pengujian kerentanan keamanan siber dari situs pemerintahan ini sejak dua tahun belakangan dilegalkan oleh BSSN dan menjadi program,” ujarnya.

“Artinya ini dilakukan bukan untuk tujuan mencuri data tapi memang sifatnya mencari celah keamanan untuk dilaporkan agar bisa diantisipasi,” tambah dia.

Lulusan dari STMIK Jaya Nusa Padang pada 2017 dengan jurusan sistem komputer ini, mengungkapkan bahwa sejak aktif sebagai ‘hacker’ pernah mengetes beberapa sistem kemanan dari perbankan dan berhasil ditembus dalam level standar.

“Kalau bicara jumlah sebetulnya sudah banyak juga sih yang sudah saya temukan celah keamanan dari situs resmi pemerintah dan swasta. Sudah ribuan mungkin,” sebutnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close