BeritaBisnisEkbisEkonomiEnergiNasional

Erick Thohir: Selama ini Pertamax Juga Disubsidi Pemerintah

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut selama ini harga pertamax (RON 92) yang dijual oleh PT Pertamina (Persero) juga disubsidi pemerintah.

Pemberian subsidi itu terlihat dari harga pertamax yang saat ini dijual di SPBU PT Pertamina (Persero) yang hanya Rp12.500 per liter.

Padahal di SPBU Shell, harga BBM RON 92 berada di kisaran Rp17 ribu per liter.

“Jadi Pertamax pun sebenarnya disubsidi oleh pemerintah. Nah ini salah satu menjadi catatan yang cukup menggelitik kalau misalnya kita mengisi bensin pertamax kok harganya bisa murah sebenarnya itu subsidi,” ujarnya dalam rapat dengar bersama Komisi VI DPR RI, Rabu (24/08/2022).

Ia mengatakan subsidi itu menjadi catatan pemerintah. Apalagi di saat yang sama, pemerintah juga menanggung subsidi untuk pertalite dan solar yang jumlahnya cukup besar.

Subsidi itu membuat beban APBN untuk menahan agar harga BBM di dalam negeri bisa murah mencapai Rp502 triliun.

Karena beban subsidi itu, pemerintah berencana menaikkan harga pertalite. Menteri Koodinator Kemaritiman dan Investasi (Menko marves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan kenaikan harga BBM itu kemungkinan besar diumumkan Jokowi pada pekan ini.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close