BeritaNasionalPolitik

Dokumen Parpol KIB dan PSI Dinyatakan Lengkap

BIMATA.ID, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) menyatakan, dokumen partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yakni Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) lengkap.

Berkas KIB akan dilanjutkan ke tahapan verifikasi administrasi.

Tidak hanya KIB, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang hari ini juga melakukan pendaftaran calon peserta pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah dinyatakan dokumen lengkap.

“Dan mulai hari esok sampai 11 September 2022, keempat partai akan mengikuti proses verifikasi administrasi,” tutur Komisioner KPU RI, Idham Holik, saat konferensi pers di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/08/2022).

Sebagai informasi, hari ini ada empat parpol yang mendaftar ke Kantor KPU RI. Keempat parpol tersebut adalah Partai Golkar, PAN, PPP, dan PSI.

KIB resmi mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024 ke KPU RI pada Rabu, 10 Agustus 2022. Ketua Umum tiga parpol itu, yakni Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, dan Suharso Monoarfa memimpin ratusan kader untuk melakukan pawai persatuan.

Dalam pawai tersebut, terpantau berbagai macam kesenian yang mewakili semangat nasionalisme, regilius, dan kebudayaan seperti marching band, reog ponorogo, tarian Papua, marawis, dan salawatan.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily yang turut hadir dalam pawai itu mengemukakan, KIB sengaja melakukan pawai dengan berbagai kesenian Indonesia karena ingin mengusung tema persatuan.

“KIB mengusung tentang bagaimana politik yang menyatukan sekalipun kita ini berbeda-beda. Tapi kita ingin menyatukan diri dalam politik yang sejuk, politik keindonesiaan yang mengedepankan persatuan, karena semangat yang ingin dibagun KIB adalah politik yang menyatukan,” ucapnya di Kantor KPU RI, Rabu (10/08/2022).

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close