Berita

Distanak Kabupaten Lebak Lakukan Vaksinasi Booster kepada Ratusan Hewan Ternak Cegah PMK

BIMATA.ID, Banten – Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Distanak) Kabupaten Lebak, Banten, Rahmat mengatakan akan melakukan vaksin booster ke 841 hewan ternak. Hal ini guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Kita terus mengoptimalkan vaksinasi hewan ternak dengan melakukan pemberian vaksin booster ke 841 hewan ternak ” katanya, Senin (29/08/2022).

Pihaknya juga menyatakan, Pemerintah Kabupaten Lebak berkomitmen mencegah PMK dengan mengoptimalkan vaksinasi terhadap hewan ternak milik masyarakat.

“Saat ini, jumlah hewan ternak yang sudah menjalani vaksinasi booster sebanyak 841 dosis untuk tahap pertama 7.009 dosis dan tahap kedua 132 dosis,” ucapnya.

Menurut dia, jumlah populasi ternak di Kabupaten Lebak untuk kerbau tercatat 15.353 ekor, sapi 4.322 ekor, kambing 58.005 ekor dan domba 67.665 ekor. Pemerintah Kabupaten Lebak juga terus melakukan upaya pencegahan PMK di antaranya dengan pembentukan Satgas juga rapat koordinasi teknis kewaspadaan PMK dan vaksinasi PMK.

“Kami kedepan jumlah ternak hewan bisa berkembang biak dengan mengembangkan teknologi inseminasi buatan (IB) agar keturunan anak bertambah jumlah populasi, sehingga dapat terwujud swasembada daging kerbau dan sapi,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close