Berita

Dinkes Kota Ambon Mulai Berikan Vaksinasi Booster Kedua kepada Nakes

BIMATA.ID, Ambon – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy menyatakan, para tenaga kesehatan (nakes) di Kota Ambon, Maluku, mulai menerima vaksinasi penguat kedua di setiap fasilitas Kesehatan.

“Kita telah mulai melaksanakan vaksinasi penguat kedua bagi tenaga kesehatan di kota Ambon, menyusul telah dimulainya booster kedua untuk para nakes oleh Kementerian Kesehatan,” katanya, Kamis (11/08/2022).

Pihaknya juga mengatakan, pemberian vaksin covid-19 akan dilakukan secara bertahap dengan jumlah nakes yang ditargetkan mendapat suntikan vaksin booster kedua sebanyak 3.512 orang.

Jenis vaksin booster kedua yang dipakai, yaitu, Moderna dengan dosis separuh dari dosis vaksin booster pertama.

Ia menjelaskan, sesuai petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi, jenis vaksin yang digunakan untuk booster menggunakan vaksin Modern, dan untuk booster kedua dengan vaksin Moderna juga.

“SDM kesehatan di Kota Ambon seluruhnya menggunakan Moderna, akan dilanjutkan (booster kedua) dengan Moderna juga,” katanya.

Wendy menyatakan, pelaksanaan vaksinasi bagi nakes sejalan kekosongan persediaan vaksin jenis Moderna, Pfizer dan Astrazeneca karena tingginya animo masyarakat untuk divaksin penguat sejak pemberlakuan aturan vaksin booster bagi pelaku perjalanan.

Berdasarkan data Dinkes Kota Ambon Capaian vaksinasi booster SDM kesehatan di Kota Ambon tahap satu mencapai 144,28 persen atau 50.067 orang. Tahap dua sebanyak 133,60 persen atau 4.692 orang.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close