Berita

Dinkes Kabupaten Garut Sebut Adanya Satu Warga Diduga Terpapar Cacar Monyet

BIMATA.ID, Garut – Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut, Jawa Barat,  Leli Yuliani mengatakan, pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) sempat mengisolasi seorang warga yang diduga terpapar cacar monyet. Namun walau begitu, yang diduga terpapar cacar monyet itu bukanlah warga Garut.

“Masih dugaan, orang Sumedang, tapi dia berobat ke salah satu Puskesmas di Garut,” katanya, Kamis (25/8/2022).

Pihaknya menjelaskan saat berobat pasien menunjukkan tanda-tanda yang mirip dengan cacar monyet. Melihat kondisi itu, pihaknya langsung melakukan isolasi terhadap pasien itu, kemudian mengambil sampel untuk dilakukan pengujian.

“Kita ambil sampel darahnya juga cairan lukanya dan langsung kita kirim ke Bandung untuk dilakukan pengujian. Jadi belum bisa dipastikan, masih dugaan. Pasien sempat diisolasi langsung di puskesmas yang didatanginya untuk dipantau secara langsung,” ucapnya.

Setelah mengambil sampel itu, Dinas Kesehatan Garut langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Sumedang terkait hal tersebut.

“Pasien saat ini sudah dibawa oleh Dinas Kesehatan Sumedang untuk dilakukan perawatan di sana,” jelasnya.

Dia juga berpesan dengan adanya temuan dugaan tersebut meminta agar seluruh warga menjaga higienitas dalam berkegiatan sehari-harinya dan mengingatkan untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan, khususnya saat sakit.

Tulisan terkait

Bimata
Close