Berita

BPBD Malang Laporkan Puluhan Rumah Warga Rusak Akibat Hujan dan Angin Kencang

BIMATA.ID, Malang – Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengatakan, hujan deras dan angin kencang yang terjadi pada Sabtu (13/08) mengakibatkan 28 rumah rusak berat milik warga Desa Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

“Dari informasi masuk hujan disertai angin kencang terjadi pada Sabtu kemarin (13/8/2022) sekitar pukul 14.00 WIB, dan kami terima pukul 14.24 WIB,” katanya, Senin (15/08/2022).

Menurutnya, sebagian besar kerusakan rumah terjadi pada atapnya yang terbang karena angin. Tak hanya itu, beberapa genteng juga rusak, bahkan ada yang nyaris merusak setengah lebih dari bagian rumah tersebut.

“Hujan intensitas sedang hingga tinggi disertai angin di wilayah Kabupaten Malang, menyebabkan beberapa rumah warga Dusun Sememek atap rumah rusak dan pohon tumbang menimpa rumah,” ucapnya.

Ada tiga kategori kerusakan dikatakan Sadono, yang terjadi akibat hujan dan angin puting beliung yang sempat terjadi di Desa Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

“Pertama rumah dengan kerusakan ringan ada 20 rumah, ruang rusak sedang 8 unit, dan satu fasilitas umum rusak kena dampak angin kencang,” ujarnya.

Pihak BPBD dibantu instansi PMI, perangkat desa setempat sepanjang Minggu membersihkan material rumah yang rusak.

“Kami juga distribusikan terpal, sembako, serta berkoordinasi dengan OPD dan perangkat desa terkait untuk proses perbaikan rumah,” pungkasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close