Berita

BMKG Prediksi Gelombang 4 Meter Akan Melanda Laut Sawu NTT

BIMATA.ID, Kupang – Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang, Syaeful Hadi menghimbau, seluruh warga untuk mewaspadai gelombang laut hingga 4 meter berpeluang terjadi di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kondisi tersebut diprediksi terjadi dalam beberapa hari ke depan.

“Gelombang laut dengan ketinggian berkisar 2,5-4,0 meter berpotensi terjadi di Laut Sawu bagian selatan dan utara perlu diwaspadai karena dapat membahayakan pelayaran,” katanya, Selasa (16/08/2022).

Pihaknya mengatakan hal itu berkaitan dengan prakiraan cuaca wilayah perairan laut NTT selama tiga hari (17-19 Agustus) ke depan.

“Laut Sawu merupakan wilayah perairan laut di NTT yang ramai dilewati pelayaran kapal penumpang, kapal kargo, maupun kapal atau perahu nelayan. Potensi gelombang kategori tinggi ini, kata dia, perlu diwaspadai karena berisiko tinggi terhadap pelayaran terutama kapal feri,” ucapnya.

Sejumlah titik wilayah perairan lain berpotensi dilanda gelombang sedang (2,5-2,5 meter) beberapa hari ke depan yaitu Selat Sumba bagian timur, Selat Alor-Pantar, perairan utara dan selatan Kupang-Rote, serta Samudera Hindia selatan Kupang-Rote.(oz)

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close