BeritaOtomotif

Begini Cara Merawat Gearbox Mobil dengan Mudah

BIMATA.ID, Jakarta- Dalam komponen mesin mobil, dikenal salah satu komponen dengan nama gearbox. Gearbox mobil sendiri merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam operasional mobil, sehingga wajib dijaga dengan benar kondisinya.

Pada artikel singkat ini Anda akan disajikan penjelasan singkat mengenai fungsi gearbox mobil dan bagaimana cara merawat komponen ini dengan benar. Tanpa berpanjang lebar, simak di sini!

Memahami Fungsi Gearbox Mobil

Fungsi utama dari gearbox mobil adalah untuk menyalurkan torsi yang dihasilkan oleh mesin, ke komponen mesin lainnya. Sistem ini bekerja dengan cepat, dan melibatkan banyak bagian mesin yang lain hingga dapat membuat mobil bergerak.

Gearbox sendiri ada pada mobil manual maupun matic, dengan fungsi yang sama. Bedanya, gearbox pada mobil manual ‘dioperasikan’ secara manual menggunakan tuas persneling dan bisa diatur sesuai kebutuhan pengemudinya.

Gearbox pada mobil matic kemudian memiliki sistem otomatis, sehingga perubahan posisi gear yang digunakan akan berlangsung dengan sendirinya, menyesuaikan tarikan mesin dan gerakan dari kendaraan yang dikemudikan.

Secara umum, fungsi gearbox mobil adalah untuk mengatur atau menyesuaikan torsi dan gerak kendaraan, sehingga dapat membuat mobil bergerak maju atau mundur dengan baik.

Cara Merawat Gearbox Mobil

Pada perawatan gearbox mobil, sebenarnya cara yang dilakukan tidaklah sulit. Jelas, servis secara rutin akan jadi metode dasar yang dianjurkan. Namun dengan rutin melakukan penggantian oli transmisi, gearbox sudah bisa berfungsi secara optimal.

Oli yang sesuai pada jenis transmisi mobil akan membantu gearbox bekerja optimal dengan gesekan yang lebih halus. Dengan demikian, mobil akan lebih nyaman dikendarai dan terasa lebih nyaman.

Di sisi lain, salah satu cara merawat gearbox yang mudah dilakukan adalah dengan memanaskan kendaraan sebelum digunakan. ‘ritual’ rutin ini bisa membantu gearbox melakukan pemanasan sebelum digunakan untuk berkendara, sehingga gearbox lebih siap menyalurkan tenaga yang dihasilkan mesin.

Sebenarnya jika ingin dicermati, fungsi dari gearbox mobil dan cara merawatnya bukanlah hal yang sulit dipahami. Sederhana, ringkas, dan mendasar, dengan artikel ini setidaknya Anda bisa memahami kedua hal tersebut lebih baik. Semoga bermanfaat, dan selamat melanjutkan kegiatan Anda!

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close