BeritaBolaOlahraga

Aji Santoso: Pemain Muda Indonesia Menjanjikan, Tak Kalah dari Eropa

BIMATA.ID, Jakarta- Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso memaparkan masa depan sepak bola Indonesia saat memberikan kuliah tamu di depan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya, Selasa (9/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Aji Santoso mengatakan jika pesepak bola muda Indonesia menjanjikan, tidak kalah dari pemain muda Eropa.

“Saya kira pemain muda Indonesia sangat menjanjikan dan tidak kalah dengan di luar negeri atau di Eropa,” kata Aji saat memberikan kuliah tamu bertema “Membaca Masa Depan Sepak Bola di Indonesia: dari Sekolah Sepak Bola hingga Kaderisasi Pemain Muda”.

“Saya pernah mengunjungi sejumlah negara Eropa seperti di Barcelona, dan pemain muda Indonesia tidak kalah dengan pemain muda di sana,” sambungnya.

Menurut pelatih terbaik Liga 1 musim lalu itu, yang diperlukan pemain muda Indonesia adalah diberi kesempatan untuk tetap menjaga bakat tersebut.

Mantan peraih medali emas SEA Games tahun 1991 tersebut juga mencontohkan ada anak Indonesia bernama Eriyanto yang menjadi pemain terbaik di AC Milan junior dan saat ini kariernya menghilang.

“Di sana dia menjadi pemain terbaik, tentu bukan bakat yang main-main. Namun ketika kembali ke Indonesia namanya menghilang. Nah, bakat-bakat seperti ini yang harus dijaga dengan memberikannya kesempatan,” ucapnya.

Aji mengaku senang dapat berbagi pengalaman dan kesuksesannya di sepak bola kepada mahasiswa UM Surabaya.

Pria asal Malang tersebut mengaku kaget dengan fanatiknya Rektor UM Surabaya, Dr. Sukadiono terhadap Persebaya.

“Saya sangat terkejut dengan pak Rektor yang tidak hanya Bonek (sebutan untuk pendukung Persebaya) tapi Super Bonek karena hafal semua pemain Persebaya saat dulu menjadi juara, atau pas saya jadi pemain dengan transfer termahal,” katanya.

Mantan kapten Timnas Indonesia itu mengaku beberapa kali memberikan kuliah tamu, namun yang paling spesial adalah di UM Surabaya.

“Harapan saya kepada mahasiswa, jika mereka ingin sukses, tidak hanya di sepak bola, tapi di semua bidang, maka perlu disiplin dan kemauan kuat. Jika ingin dapat suatu yang lebih kita harus lebih dari yang lain,” katanya.

Rektor UM Surabaya, Dr. Sukadiono, mengungkapkan, alasan mengundang Aji Santoso untuk memberikan kuliah tamu adalah karena ingin memberi wawasan kepada mahasiswa bahwa pada Sport Science cabang ilmunya sangat banyak.

“Misalnya mahasiswa prodi Psikologi ada Psikologi Olahraga, di Manajemen ada Sport Management dan Kedokteran ada Sport Medicine. Saya kira menjadi wawasan tambahan. Apalagi di era Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) saat ini,” tuturnya.

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close