NasionalPolitik

Pengamat : Capres – Cawapres Ideal Harus Berasal Dari Kader Terbaik Parpol

Pilpres 2024

BIMATA.ID, Jakarta – Peta koalisi Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 meskipun belum sepenuhnya diikuti parpol saat ini, namun sudah dipastikan hanya akan diikuti oleh 3 paslon capres. 

Pasalnya, dalam beberapa kali hasil survey oleh beberapa lembaga tidak ada nama lain selain ketiga kandidat seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang bersaing ketat mengisi top survey capres 2024. 

Hal itu disampaikan pengamat politik, dan penyelenggaraan pemerintahan, Jajat Nurjaman kepada Redaksi BIMATA.ID melalui keterangan tertulisnya, Senin, 4 Juli 2022

“Koalisi saat ini tidak hanya bertujuan untuk mengamankan tiket capres tapi harapan terakhirnya adalah jika Partai politik yang tidak punya kandidat capres bisa mendapatkan jatah kursi cawapres, namun melihat tidak semua parpol yang memiliki tokoh potensial, kemungkinan banyak dari parpol koalisi ini hanya sebatas untuk meramaikan untuk mengamankan tiket capres semata”,tutur Jajat.

Menurut Jajat, salah satu kelemahan dari partai politik saat ini adalah kegagalan mencetak kader potensial sehingga selalu ketergantungan kepada tokoh lain, padahal pencetakan kader terbaik ini merupakan salah satu kewajiban dari partai politik.

Kader terbaik tidak hanya piawai dalam memimpin tapi harus didukung dengan kekuatan politik yang mumpuni, sehingga meskipun hanya sebagai wapres tentunya tidak hanya akan sekedar menjadi tokoh pelengkap di pemerintahan tapi bisa melakukan sinergi dalam pengambilan kebijakan.

“Memiliki kekuatan politik berdasarkan koalisi secara tersirat memang sangat menguntungkan, namun tanpa adanya kekuatan politik besar dari partainya sendiri maka kekuasaannya adalah semu, dalam hal ini tentu akan berimbas kepada kebijakan apa yang akan dikeluarkan, apakah demi kepentingan publik atau hanya berdasarkan desakan demi menyenangkan semua pihak”, tutup Jajat.

*****

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close