BeritaEkonomiRegional

Pemerintah Berikan Ganti Untung Warga Terdampak Proyek Rel Ganda di Solo

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah pusat menyerahkan ganti untung kepada sejumlah warga terdampak proyek rel ganda di kawasan Simpang Joglo, Solo.Kepala Kantor Pertanahan Surakarta Tensa Nurdiani di Solo, Rabu (06/07/2022) mengatakan pada hari ini diserahkan ganti untung terhadap 70 bidang tanah milik warga.

“Besok Banjarsari, Gilingan, dan Joglo, kalau luasannya macam-macam. Total keseluruhan yang terdampak nanti kami total, berdasarkan penentuan lokasi dari 6.000 m2 menjadi 13.000 m2,” katanya.

Dirinya mengatakan sejauh ini tidak ada aksi protes dari warga terdampak proyek tersebut.

“Intinya kami sesuai dengan prosedur pelaksanaan, dimulai dari sosialisasi, pelaksanaan inventarisasi, identifikasi. Kemudian pengambilan data dan kemudian kami umumkan ke warga, mereka juga kami berikan kesempatan untuk sanggahan,” katanya.

Ia mengatakan pada saat itu ada masukan untuk kekurangan data dan kekurangan ukuran. Sebagai tindak lanjut, pihaknya melakukan cek silang ke lapangan untuk memastikan data yang sebenarnya.

“Kami lakukan satgas A dan satgas B, kemudian musyawarah bentuk ganti rugi. Itu sudah kami lakukan, kami berikan ganti rugi dalam bentuk uang. Sudah mufakat dan inilah di ujung pengadaan jalur ganda yakni pemberian ganti rugi, penyerahan simbolis disaksikan Wali Kota dan dikawal kejaksaan negeri dan disaksikan jaksa pengacara negara. Jadi semua ini bisa dipertanggungjawabkan, uang negara kembali ke masyarakat harus sesuai aturan dan prosedur. Tim penilai independen ada sendiri, namanya KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik) itu ada timnya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan ganti untung berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Terkait proses tersebut, ia mengapresiasi warga atas dukungan direalisasikannya proyek infrastruktur dari pemerintah pusat.

“Semoga ganti rugi bisa dimanfaatkan dengan baik. Makin cepat kami menyelesaikan hal nonteknis semacam ini pembangunannya bisa sesuai dengan timeline, bisa ontime. Harapannya bisa cepat selesai dan kemacetan bisa selesai. Ini luar biasa sekali, warga kompak semua,” katanya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close