BeritaHeadlineInternasionalNasionalPolitik

Menhan Prabowo Apresiasi Dukungan Perancis Soal Alutsista TNI

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto, mengapresiasi dukungan Perancis dalam memodernisasi alat utama sistem persenjataan (Alutsista) Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Hal tersebut disampaikan Prabowo saat menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) dan Antariksa Perancis, Jenderal d’Armée Aérienne Stéphane Mille di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 11 Juli 2022.

“Perancis adalah mitra strategis utama bagi Indonesia dalam hal geopolitik dan geostrategi,” kata Prabowo, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Bimata.Id.

Selain itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini menyoroti kesuksesan dan upaya peningkatan hubungan bilateral antara kedua negara.

Prabowo juga menyampaikan apresiasi atas peran aktif Mille dalam menyukseskan hubungan bilateral kedua negara. Dalam kesempatan tersebut, mantan Danjen Kopassus ini menyebut, Perancis mempunyai peran sangat strategis di kawasan Indo-Pasifik. Terutama, dalam meningkatkan stabilitas perdamaian dan keamanan.

Sebelumnya, Indonesia dan Perancis telah meneken kerja sama dalam bidang pertahanan di Jakarta pada 10 Februari 2022. Kerja sama itu meliputi kontrak pembelian enam unit pesawat tempur Rafale dan 36 unit pesawat untuk rencana selanjutnya.

Kemudian, kerja sama di bidang research and development kapal selam antara PT PAL dengan Naval Grup, serta kerja sama program offset dan ToT antara Dassault dengan PT Dirgantara Indonesia.

Berikutnya, kerja sama di bidang telekomunikasi antara PT LEN dengan Thales Group dan kerja sama pembuatan amunisi kaliber besar antara PT Pindad dengan Nexter Munition.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close