BeritaEkonomiNasionalRegional

Mantan Wapres Ingatkan Pemerintah Soal Mega Proyek IKN

BIMATA.ID, Jakarta- Mantan Wakil Presiden RI Periode 2014-2019 Jusuf Kalla (JK), mengingatkan pemerintah untuk berhati-hati pada kondisi keuangan negara terkait pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Penajam Paser, Kalimantan Timur. Pasalnya dibutuhkan uang yang sangat besar untuk pengembangannya.

Menurutnya, realistis atau tidak pembangunan IKN baru, harus berkaca pada kondisi keuangan nasional. Dimana pengeluaran negara harus produktif untuk menjaga situasi.

“Itu sangat tergantung, jika melihat kondisi keuangan baik nasional memang semua belanja kita harus produktif dan betul harus menjaga situasi,” katanya, Kamis (14/07/2022), saat ditanya realistis atau tidaknya pembangunan IKN baru pada kondisi saat ini.

JK juga tidak menampik ongkos untuk membuat kota pusat pemerintahan baru ini juga tidak kecil, sehingga harus berhati-hati dalam prosesnya.

“Pembangunan IKN itu banyak dilakukan negara memang dengan alasan yang baik dan itu tidak mudah, ongkos besar,” katanya.

“Pemerintah juga diharapkan mempertimbangkan banyak sisi untuk memindahkan IKN, mudah mudahan ini distudi, jadi kita bisa melihat kemampuan kita gimana dan kondisi saat ini,” sambungnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close