Regional

Diatensi Andi Iwan Aras, Pemprov Janji Segera Kelarkan Lahan Kereta Api Makassar

BIMATA.ID, Makassar – Pemprov Sulsel melalui Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan berjanji segera menutaskan lahan kereta api Makassar.

Kepala Bidang Pertanahan, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Fakhruddin mengatakan, pihaknya telah membentuk tim kajian untuk melakukan analisis dan sekaligus rekomendasi atas penuntasan sisa lahan pembangunan rel kereta api Makassar yang masuk dalam segmen E.

Jika tak ada aral melintang, akhir Juli ini, Pemprov Sulsel akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Lokasi (Penlok) pembangunan rel kereta api.

“Segmen E ini kan sebenarnya Maros -Makassar. Namun yang bermasalah adalah Makassar, tapi dari tim kajian sudah melakukan rapat publik, konsultasi minta fatwah ke pusat, dan akhirnya jika semua lancar Juli ini kita tetapkan Penloknya,” kata Fakhruddin, Jumat (15/7/2022).

Dia menegaskan bahwa kendati masih ada penolakan empat pihak atas lokasi pembangunan rel di Makssar, namun tim kajian sudah memutuskan bahwa akan menolak apa yang menjadi permohonan pihak terkait atas lahan.

Lihat juga: Pemprov Lamban, Pembangunan Rel Kereta Api Makassar Terancam Batal

Makanya, semuanya akan berjalan sebagaimana mestinya.

“Jika ada yang khawatir bahwa Pemprov Sulsel tidak serius urus ini kelanjutan rel kereta api. Saya tegaskan kami serius, tim kajian bekerja dengan baik. Begitu SK penlok selesai, maka tanggung jawab selanjutnya ada pada Balai Perkeretaapian. Pusat yang melakukan pembangunan,” jelas Fakhruddin.

Ikhwal pernyataan Fakhruddin ini mencuat setelah muncul pernyataan dari Anggota DPR RI Irwan Aras yang menyatakan bahwa ada ketidakseriusan Pemprov Sulsel dan pemkab dan pemkot setempat.

Menurutnya, soal kereta api itu program strategis nasional (PSN).

“Tentu kita serius untuk mendukung program ini,” tambah Fakhruddin.

Sekadar diketahui, total panjang segmen E yang dilalui rel kereta api adalah, panjang rel untuk wilayah Kota Makassar 9,3 km, dan wilayah Maros 4,9 km dengan luas keseluruhan segmen e adalah 83,94 Ha.

Jika segmen e ini selesai, maka seluruh insfrastriktur rel Makassar – Parepare akan rampung.

[HW

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close