BeritaHukumNasional

ICW Sebut Terdapat Puluhan Anggota Polri Dipecat Jelang HUT ke-76 Korps Bhayangkara

BIMATA.ID, Jakarta – Indonesia Police Watch (IPW) menyebut, terdapat puluhan anggota Polri yang dipecat jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Korps Bhayangkara. Puluhan anggota ini dipecat sepanjang enam bulan terakhir.

“Setidaknya, saat Hari Bhayangkara 1 Juli 2022, ada sekitar 39 anggota Polri telah dipecat dari Januari-Juni 2022,” kata Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso, dalam keterangan tertulis, Jumat (01/07/2022).

Sementara, sambung Sugeng, ada puluhan anggota lainnya telah direkomendasikan untuk Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH). Hal ini karena melakukan penyimpangan disiplin, kode etik, dan pidana.

“Pemecatan anggota Polri itu, dari catatan yang terpublikasi paling tinggi berasal dari Polda Sumatra Selatan (Sumsel) dan Polda Jambi. Masing-masing telah melakukan PTDH kepada tujuh anggotanya,” lanjutnya.

Dia menyebutkan, Polda Lampung telah memecat enam anggota. Lalu, tiga anggota dipecat Polda Gorontalo.

Sedangkan, Polda Maluku Utara (Malut), Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), Polda Jawa Barat (Jabar), Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), Polda Maluku hingga kini tercatat telah memecat masing-masing dua anggota.

Kemudian, Polda Sumatra Utara (Sumut), Polda Metro Jaya, Polda Kalimantan Barat (Kalbar), Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), Polda Jawa Timur (Jatim), dan Polda Bangka Belitung (Babel) memecat masing-masing satu anggota.

“Namun, PTDH kepada anggota Polri ini masih belum konsisten dilakukan,” tandas Sugeng.

Hal itu terbukti dengan keberadaan AKBP Raden Brotoseno di Korps Bhayangkara. AKBP Brotoseno yang merupakan mantan koruptor diaktifkan kembali usai menjalani hukuman penjara dan menjadi staf di Divisi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Div TIK) Polri.

“Belum lagi, masih aktifnya Irjen Napoleon Bonaparte yang telah tersangkut kasus Djoko Tjandra. Padahal, kasus AKBP Mustari yang melakukan pencabulan terhadap anak dengan cepat diputuskan untuk dipecat,” ujarnya.

Oleh karenanya, ICW meminta Polri agar hal tersebut menjadi bahan evaluasi ke depan. Sehingga, marwah Polri sebagai Bhayangkara Negara dengan spirit Presisinya tetap terjaga.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close