BeritaNasionalPolitik

DPR Masih Tunggu Surat Presiden Terkait Pengganti Lili Pintauli

BIMATA.ID, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) mengaku, masih menunggu surat dari Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), mengenai rekomendasi nama pengganti Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Lili Pintauli Siregar.

Seperti diketahui, kursi pimpinan KPK RI masih lowong satu pasca Lili mengundurkan diri beberapa waktu lalu.

“Soal pengisian posisi komisioner yang lowong tersebut, Komisi III menyerahkannya kepada Presiden,” kata Anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani, Selasa (19/07/2022).

Arsul menjelaskan, jika Presiden Jokowi belum juga menyerahkan surat rekomendasi pengganti Lili, maka pihaknya akan menanyakan hal itu dengan pimpinan KPK RI.

“Tentu pada masa sidang yang akan datang. Jika belum ada surat dari presiden terkait pengisian komisioner yang lowong tersebut, maka Komisi III akan menanyakannya dalam RDP dengan KPK tentang perlu tidaknya pengisian tersebut dari sisi kebutuhan kerja KPK,” jelas politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan, penentuan kandidat pengganti Lili masih dalam proses.

“Masih dalam proses untuk pengganti dari Bu Lili Pintauli, masih dalam proses. Karena kan baru saja surat pemberhentiannya, minggu yang lalu sudah saya tanda tangani, dan ini masih dalam proses untuk penggantinya,” ujarnya, Jumat (15/07/2022).

Kepala Negara menyebutkan, nama calon pengganti Lili akan segera diajukan kepada DPR RI. Namun, Presiden Jokowi tak menjelaskan secara rinci siapa sosok yang diusulkannya tersebut.

“Kami akan segera mengajukan ke DPR, secepatnya,” tutup mantan Gubernur Provinsi DKI Jakarta ini.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close