BeritaEkonomiNasionalPertanianUmum

DPR Dorong Pemerintah Penuhi Kebutuhan Pupuk Bersubsidi Petani

BIMATA.ID, Jakarta- Anggota DPR RI, Marwan Jafar mendorong pemerintah untuk segera memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi. Hal itu penting karena pada November 2022 sudah memasuki musim tanam pertama untuk memulai tanam padi.

“Dengan demikian, kebutuhan pupuknya juga besar. Sedangkan alokasi pupuk yang diterima masing-masing daerah juga belum sesuai Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK),” kata Marwan Jafar, Senin (25/07/2022).

Dirinya mengungkapkan, hasil reses di Kabupaten Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan, keluhan masyarakat memang soal jaminan ketersediaan pupuk bersubsidi.

“Kami berharap pemerintah sesegera mungkin mencari solusi soal pupuk ini. Karena kondisi saat ini langka dan mahal sehingga menjerat petani,” ujarnya.

Menurut dia permasalahan pupuk memang masalah serius, karena sampai ditindaklanjuti DPR dengan menggelar rapat gabungan antara Komisi IV DPR dengan Komisi VI dan VII, meskipun domain soal pupuk pada Komisi IV.

Sebelumnya, pihaknya juga mengusulkan adanya regionalisasi pupuk serta pemberantasan mafia pupuk. Apabila tidak ada perubahan, kata dia, tentu kondisinya masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya akan selalu muncul permasalahan.

“DPR juga cukup keras hingga meminta pemerintah melakukan keterbukaan data dan jangan ada yang ditutup-tutupi. Jika tidak selesai bahkan muncul ancaman kalau tidak selesai bisa dipansuskan,” ujarnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close