Berita

Bangunan Sekolah Dasar di Nganjuk Jawa Timur Ambru Aktivitas Belajar Sementara Dipindahkan

BIMATA.ID, Ngawi – Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi, Samirun,membenarkan adanya salah satu atap bangunan Sekolah Dasar (SD) Negeri 7 Sidolaju di Desa Sidolaju, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, roboh karena kondisinya yang telah rapuh dan berusia tua. Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa dini hari, 19 Juli 2022, sehingga tidak ada korban jiwa.

“Atapnya berdasarkan laporan sudah membahayakan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, para siswa pada Senin kemarin saat dimulainya tahun ajaran baru sudah dipindah ke ruang lain. Ternyata, kemarin ambruk atapnya,” katanya, Kamis (21/07/2022).

Pihaknya menjelaskan, sebenarnya SDN 7 Sidolaju sudah masuk dalam daftar bangunan sekolah yang akan direhabilitasi pada tahun 2023 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Pengajuan rehabilitasi tersebut sudah dilakukan pada tahun 2022 ini.

“Karena rusaknya parah, maka ada prioritas dan percepatan penanganan di akhir tahun anggaran 2022 untuk segera diusulkan pada PAK APBD 2022,” ucapnya.

Berdasarkan penuturan para tenaga didik di sekolah setempat, sebelum roboh, bagian atap bangunan tersebut sudah mulai melengkung pada beberapa bulan terakhir. Sehingga cukup berbahaya.

Beruntung sejak hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru 2022/2023 Senin, 18 Juli 2022, siswa kelas 3 sudah dipindah ke ruang perpustakaan. Sedangkan kelas 1 dan kelas 2 sementara menggunakan musala sekolah secara bergantian.

“Dengan demikian tidak ada siswa atau tenaga pendidik yang terluka. Kejadian ini segera ditindaklanjuti,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close