BeritaNasionalPolitik

Waketum Golkar: Zulhas dan Suharso Tahu Golkar Ingin Airlangga jadi Capresnya

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia mengatakan bahwa pimpinan PAN dan PPP sudah mengetahui bahwa Golkar menginginkan Ketua Umum mereka, Airlangga Hartarto menjadi calon presiden.

Doli menegaskan bahwa keinginan itu sudah sesuai dengan hasil Munas Golkar, ditambah lagi sosok Airlangga yang menjabat ketua umum dianggap sebagai representasi dari kader terbaik yang saat ini dimiliki Golkar.

“Itu saya kira semuanya sudah tahu, sudah kami announce, termasuk para pimpinan parpol, termasuk Pak Zul dan Pak Suharso tahu bahwa Golkar capresnya adalah Pak Airlangga Hartarto,” kata Doli di Kompleks Parlemen, Kamis (2/6/2022).

Tetapi diakui Doli, dalam kaitannya dengan Koalisi Indonesia Bersatu, persoalan paket capres dan cawapres akan dibahas bersama.

“Kalau bicara paket capres-cawapres tentu nanti Golkar tak bisa lagi sendiri, bicara bertiga dengan PAN dan PPP, itu positioning-nya,” kata Doli.

“Sampai hari ini saya katakan lagi bahwa Golkar capresnya adalah Pak Airlangga Hartarto,” ujar Doli.

Diketahui, Golkar memang konsisten untuk mengusung Airlangga menjadi calon presiden pada 2024. Pilihan Golkar untuk mencapreskan Airlangga itu juga yang nantinya akan dibicarakan dengan partai di Koalisi Indonesia Bersatu.

Golkar cukup yakin nantinya koalisi akan bisa menerima Airlangga sebagai capres, kendati hal tersebut belum dibicarakan.

“Ya Golkar kan sebagai partai terbesar di koalisi itu, itu penting. Nah tentu hingga saat ini kan kita belum bicara soal figur ya,” kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Walau begitu, diakui Ace bahwa Golkar juga akan mendengarkan aspirasi-aspirasi lainnya di koalisi yang mereka bentuk bersama PAN dan PPP.

“Kita masih konsisten hasil Munas Partai Golkar di mana Pak Airlangga sebagai capres. Tapi tentu kita juga harus mendengarkan pandangan-pandangan parpol lain,” kata Ace.

Senada dengan Ace, Doli menegaskan bahwa Golkar konsisten mendukung Airlangga sebagai capres.

“Golkar calon presidennya masih Pak Airlangga. Di koalisi belum ada omongan soal paket calonnya siapa capres cawapresnya, itu tahap-tahap berikutnya dan nanti akan didiskusikan.

Doli berujar apabila ada figur lain yang nantinya akan diusulkan menjadi capres dari Koalisi Indonesia Bersatu, Golkar tidak mempermasalahkan. Sebab pada akhirnya soal siapa figur yang diusung akan menjadi pembahasan dan keputusan bersama.

“Ya enggak apa-apa, mau dari si A mencalonkan atau si B mencalonkan ya itulah proses demokrasi proses politik gitu kan akhirnya akan ada bentuknya.”

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close