Regional

Pemkab Gowa Gadeng UIN Makassar Kelola Rumah Tahfiz

BIMATA.ID, Gowa – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengajak Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis meninjau Rumah Tahfiz Pemkab Gowa di Kecamatan Bajeng, Selasa (28/6/2022).

Adnan mengatakan Pemkab Gowa akan melakukan kerja sama dengan UIN Alauddin Makassar dalam pengelolaan Rumah Tahfiz ini.

“Pemkab Gowa akan melibatkan pengajar dari UIN Alauddin Makassar untuk mengajar di rumah Tahfiz ini,” kata Adnan.

Adnan menjelasakan, ke depan, santri yang mondok di rumah tahfiz ini tidak hanya akan dibekali dengan hafalan Al Quran saja, tetapi akan dibekali dengan ilmu pengatahuan yang berkaitan dengan Al Quran

“Jadi selain menghafal Al Quran, mereka juga akan diintegrasikan dengan program-program studi yang sesuai dan berkorelasi dengan program hafalan Al Quran, misalnya Prodi Ilmu Hadis,” katanya.

Sehingga santri maupun santriwati yang ada di rumah tahfiz ini ketika lulus, selain menjadi penghafal Al Qur’an yang baik juga akan memiliki pengetahuan umum dan ijazah S1 atau sarjana.

Adnan berharap alumni-alumni rumah tahfiz Kabupaten Gowa ini bisa mejadi imam-imam di masjid yang ada di dusun, lingkungan dan desa-desa dan kelurahan sekaligus menjadi dai.

“Jadi nanti santri dan satriwati yang ada di sini selain memiliiki hapalan Al Qur’an yang baik, mereka juga memiliki pengetahuan umum yang baik dan tentunya akan menjadi dai-dai yang moderat,” tambahanya.

Sementara itu, Rektor UIN Alauddin Makassar Prof. Hamdan Juhannis menyambut baik rencana kerja sama ini. Menurutnya program ini sangat bagus, apalagi sudah didukung dengan gedung yang menurutnya sangat luar biasa.

“Luar biasa gedung ini. Kalau misalkan sarana dan prasarananya sudah siap, kita pembelajarannya di sini,” kata Prof Hamdan.

[HW]

 

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close