BeritaNasionalPolitik

Terima Kunjungan Dubes Australia untuk Indonesia, Muzani: Australia Siap Bantu Vaksin Tangani PMK

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI), Ahmad Muzani, menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia, Penny Wiliams di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Juni 2022.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini meminta bantuan Pemerintah Australia untuk penanganan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Indonesia.

“Kami di Indonesia sekarang sedang mengalami wabah penyakit kuku dan mulut. Kami memahami bahwa Australia memiliki teknologi dalam upaya pemberantasan wabah PMK ini. Itu sebabnya kami berharap meskipun wabah ini sudah kami lewati (alami) sejak tahun 90-an, tapi kemudian kami terkaget wabah ini kembali melanda para hewan ternak kita,” kata Muzani, dalam keterangan tertulis.

“Dan terus terang ini sangat merugikan para peternak kami yang jumlahnya cukup banyak di berbagai macam daerah. Kami berharap, Pemerintah Australia bisa membantu permasalahan ini,” lanjutnya.

Merespons pernyataan Muzani, Dubes Australia untuk Indonesia, Penny Williams menyampaikan, Pemerintah Australia telah berkomitmen untuk membantu penanganan wabah PMK yang saat ini melanda hewan ternak Indonesia.

Tidak hanya itu, komitmen kerja sama tersebut juga berfokus pada kesehatan hewan kedua belah negara.

“Memang ada kerja sama program kesehatan antara Australia dan Indonesia. Dan Pemerintah Australia sudah akan membantu Indonesia dalam penanganan (wabah PMK) ini, berupa bantuan teknis dan vaksin,” ujar Penny.

Adapun komitmen kerja sama tersebut akan diperkuat oleh kunjungan Menteri Pertanian Australia, yang akan berkunjung ke Indonesia beberapa bulan ke depan.

Muzani pun menyampaikan terima kasih atas niat baik Pemerintah Australia untuk terus menjalin hubungan baik dan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia.

“Hubungan sejarah Indonesia dan Australia sangat erat. Tadi sudah disampaikan bahwa Pemerintah Australi sudah berkomitmen untuk bisa membantu Indonesia dalam penanganan wabah PMK. Kemungkinan bulan depan Menteri Pertanian Australia akan datang untuk membicarakan persoalan teknis. Dan ada kemungkinan dia akan berkunjung ke Lampung untuk kerja sama dalam bidang kesehatan hewan dan tentu manusia,” tandas legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Lampung I ini.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close